Apa sih bisnis online itu?
Perdagangan elektronik atau
dalam bahasa inggris Electronic commerce adalah penyebaran, pembelian,
penjualan, dan jasa melalui sistem elektronik seperti televisi, internet
atau jaringan komputer lainny.E-dagang dapat
melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem
manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Menurut segi Industri Teknologi Informasi yang berkaitan dengan transaksi komersial, yaitu: transfer dana secara
elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran , atau pemasaran online,
proses transaksi secara online online , dan banyak
lagi yang lainnya. melihat kegiatan e-dagang
ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis yang berhubungan dengan trnsaksi komersial.E-dagang atau merupakan bagian dari e-business, yaitu ketiika tidak hanya sekedar tterjadi perniagaan tetapi juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan . Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi berbasus data , surat elektronik, dan bentuk teknologi non komputer yang lain kayak sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.E-dagang pertama kali diperkenalkan ke poblik tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web. Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik dapat menghasilkan penjualan sebesar 12.2 milyar dolar pada tahun 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel yang ada di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Istilah dalam "perdagangan elektronik" telah berubah dengan berjalannya waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian secara elektronik.Lalu berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui internet atau World Wide Web dan melalui server aman, server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. tapi baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.Yaitu suatu proses perdagangan yang menggunakan fasilitas elektronik seperti internet, televisi, radio, jaringan komputer, dll. salah satu contohnya adalah perdagangan di FJB KASKUS (Forum Jual Beli), Tokobagus.com, dll.
Apa Sih Bisnis Franchising itu?
Waralaba atau dalam bahasa inggris disebut Franchising adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual(HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam penyediaan atau penjualan barang dan jasa.
Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan Waralaba ialah:
Suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, yaitu dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Nah Apa yang dimaksud franchisor dan franchisee?
Franchisor atau pemberi waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimilikinya. Sadangkan Franchisee atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.
Waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850-an oleh Isaac Singer, pembuat mesin jahit Singer, ketika ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya. Walaupun usahanya itu gagal, namun dia yang pertama kali memperkenalkan format bisnis waralaba ini di AS. Kemudian, caranya ini diikuti oleh pewaralaba lain yang lebih sukses, John S Pemberton, pendiri Coca Cola. Tapi , menurut sumber lain, yang mengikuti Singer kemudian bukanlah Coca Cola, melainkan sebuah industri otomotif AS, General Motor Industry ditahun 1898.
Waralaba saat ini lebih didominasi oleh waralaba pada rimah makan siap saji. Kecenderungan ini dimulai pada tahun 1919 ketika A&W Root Beer membuka restoran cepat sajinya. Di tahun 1935, Howard Deering Johnson bekerjasama dengan Reginald Sprague untuk memonopoli usaha restoran modern. Gagasan mereka adalah membiarkan rekanan mereka untuk mandiri menggunakan nama yang sama, makanan, persediaan, logo dan bahkan membangun desain sebagai pertukaran dengan suatu pembayaran. Dalam perkembangannya, sistem bisnis ini mengalami berbagai penyempurnaan terutama di tahun l950-an yang kemudian dikenal menjadi waralaba sebagai format bisnis atau sering pula disebut sebagai waralaba generasi kedua. Perkembangan sistem waralaba yang demikian pesat terutama di negara asalnya, Amerika Serikat, menyebabkan waralaba digemari sebagai suatu sistem bisnis diberbagai bidang usaha, mencapai 35 persen dari keseluruhan usaha ritel yang ada di AS. Sedangkan di Inggris berkembangnya waralaba dirintis oleh J. Lyons melalui usahanya Wimpy and Golden Egg, pada tahun 60-an. Bisnis waralaba tidak mengenal diskriminasi. Pemilik waralaba (franchisor) dalam menyeleksi calon mitra usahanya berpedoman pada keuntungan bersama.
No comments:
Post a Comment